1. FASE UTAMA PENGEMBANGAN SI :
Analysis: Mengerti kebutuhan bisnis
Design: solusi konseptual sistem kompter
Implementation: konstruksi, testing/uji coba, instalasi
2. FASE TAMBAHAN :
Project planning :Merencanakan proyek
Support : Maintance sistem
3. KEGIATAN DI PLANNING SUPPORT :
Define problem-Mendefinisikan masalah yang ingin diselesaikan
Produce project schedule : Memperkirakan apakah proyek dapat selesai tepat waktu dg sumber daya yg ada.
Confirm project feasibility : Memastikan kelayakan proyek yang ingin dibuat. Ini merupakan sebuah proses untuk memperkirakan kemungkinan biaya dan waktu untuk suksesnya suatu proyek.
Staff the project : Mengidentifikasi SDM yg tersedia dan mengklasifikasikan staff2 mjd Analis, IT, staff untuk memulai projek
Launch the project : Mempersiapkan untuk memulai proyek
4-10. BERKAITAN DG SDM, CONTOH MASING2 TELOS
FAKTOR KELAYAKAN (TELOS):
− Technical
Menunjukkan apakah sistem yg diusulkan dapat dikembangkan dan diterapkan dengan menggunakan teknologi yang ada atau jika membutuhkan teknologi baru
− Economic
Menunjukkan apakah dana yg memadai tersedia untuk mendukung biaya dari sistem yg diusulkan
− Legal
Menunjukkan apakah ada konflik antara sistem yang sedang dipertimbangkan dan kemampuan perusahaan untuk menunaikan kewajibannya
− Operational
Menunjukkan apakan prosedur dan ketrampilan personalia yg ada cukup untuk mengoperasikan sistem yg diusulkan atau apakah prosedur dan ketrampilan tambahan akan diberikan.
− Schedule
Sistem yg diusulkan harus berlaku dalam suatu kerangka waktu yang logis
CONTOH KASUS :
- Pada saat ini, manajemen tidak bersedia menyediakan dana untuk pengembangan suatu sistem pemesanan online. (TELOS-EKONOMI)
- Data medis khusus yang akan disempan dalam database baru sangat peka. Akses dan penyebaran data yang tidak sah semacam itu dapat menyebabkan rumah sakit
menjadi sasaran banyak tuntutan hukum. (TELOS-LEGAL)
- Kita tidak dapat menunggu enam bulan untuk penggunaan aplikasi. Kita memerlukannya pada tanggan satu bulan depan. (TELOS-SCHEDULE)
- Apa yang anda sampaikan terlalu kompleks dan rumit untuk dimengerti oleh para karyawan. Mereka memerlukan sesuatu yang jauh lebih sederhana. (TELOS-OPERATIONAL)
11-18. requirment & determination ada 3 BPA, BPI, BPR. aktifitas dari masing2 tersebut dan contohnya (ada 8 soal)
Business Process Automation (BPA)
Business Process Improvement (BPI)
Business Process Reengineering (BPR)
19. langkah2 yang tidak tepat yang dilakukan pada fase SDLC
- planning : proyek inisialisasi proyek manajemen
- analisis requirment genering : pengumpulan informasi,proposal
- disain : arsitektur disain
- implementasi : instalasi & support
- maintenance : contraction plan (merencanakan pembangunan)---? tdk tepat
20. fungtional dan non functional : apa yang termasuk pada fungsional dan non fungsional
FUNGSIONAL : Sebuah proses suatu sistem untuk ditampilkan, suatu sistem harus berisi informasi
NON : Suatu sistem yang harus memiliki Operasional, Penampilan, Keamananan, Budaya dn Politik
23-26. perhatikan contoh non fungsional requirment
- user memiliki id & password harus bisa login ke sistem (keamanan)
- user hrus bertanggung jawab pada cabang x, hanya melihat pada cabang x.(politik)
- sistem dibuat dgn program java, windows, server 2003 (operasional)
- sistem hanya dapat dipergunakan pada jam kerja (budaya)
-sistem akses melalui browser (penampilan)
27. isi disain (pengertian disain) :Desain adalah berorientasi terhadap bagaimana sistem akan dibangun-mendefinisikan komponen struktural
- perancangan bagaimana dan dimana sistem menyimpan seluruh informasi
- database
- user interface
28. apa yang ada di fase implemntasi dan support?
IMPLEMENTASI : Construct software components, Verify and test, Convert data, Train users and document the system, Install the system
Membangun komponen OS, Memvalidasi dan menguji, Merubah data, Aliran user dan dokumen
sistem, Menginstal sistem
SUPPORT : Maintain the system, Enhance the system, Support the users-Help desk
Merawat sistem, Meningkatkan sistem, Mendukung pengguna-bantuan
29. teknik pengumpulan informasi yang terdiri dari JAD, interview, observasi, quisioner, dokumen analisis.
Joint Application Development (JAD)-Suatu kumpulan proses terstrukturisasi yang difokuskan pada determining requirements
interview-Teknik yg paling sering digunakan
observasi-Melihat proses secara langsung
quisioner-Suatu kumpulan pertanyaan yang ditulis, biasanya dibuat untuk banyak orang
dokumen analisis-Pembelajaran melalui materi yang sudah ada yang menjelaskan sistem yang saat ini
Minggu, 05 Desember 2010
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 comments:
Posting Komentar