RSS

Sabtu, 04 Desember 2010

Shared Data & Transaction (Replication)



  1. Coordination : Replica managers berkoordinasi dalam persiapan untuk mengeksekusi request secara konsisten. Selain itu replica managers juga menentukan urutan dari request-request tsb.
  2. Execution : Replica managers mengeksekusi request-request yang ada dengan metode tertentu, dimana efeknya dapat dikembalikan seperti semula.
  3. Agreement : Replica managers menemukan kata sepakat akan efek yang dihasilkan oleh request. Sebagai contoh, di dalam sebuah sistem transaksi (transactional system) replica managers akan melakukan perundingan untuk menentukan apakah transaksi dapat dilanjutkan atau dibatalkan.
  4. Response : Satu atau lebih replica managers merespon ke front-end. Pada beberapa sistem, satu replica manager mengirimkan responnya. Sementara pada sistem lainnya front end menerima respon dari sekumpulan replica managers dan front end memilih sebuah respon tunggal untuk dikirimkan ke client.

Proses Replikasi Data
Keamanan merupakan faktor yang sangat penting dan harus ada di dalam sistem informasi. Proses replikasi tidak menjamin keamanan data di dalam server basis data. Hal ini diperlukan adanya firewall untuk memfilter data yang keluar/masuk dari sistem dalam upaya menghindari penduplikasian dan perusakan data.

Proses replikasi data akademik mempunyai dua langkah. Langkah pertama, mereplikasikan data-data chipertext (data yang tidak dapat dibaca) dari basis data firewall kepenggunasistem (user interface) melalui proses dekripsi datanya. Langkah kedua, mereplikasikan data-data plaintext (data yang dapat dibaca) dari user interface ke basis data firewall dan server utama, melalui proses enkripsi data. Tahapan proses replikasi data dijelaskan melaui gambar.

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright Positive Of Me 2009. Powered by Blogger.Designed by Ezwpthemes .
Converted To Blogger Template by Anshul .